PELANTIKAN DAN UPGRADING HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2023-2024


 

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM), menggelar acara pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Periode 2023 -2024 di ruangan IPA 2 Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM yang dilaksanakan pada hari Senin-Rabu, 15-17 Januari 2024. Acara ini dirangkaikan dengan Upgrading. Pengurus dilantik langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM, ibunda Dr. Hj. Ramlawati, M.Si.


Acara pembukaann pelantikan dan upgrading ini dihadiri sejumlah perwakilan Lembaga Fakultas MIPA UNM, selain itu turut hadir Ketua Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM,dosen Pembimbing HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2023-2024, bapak Irwandi Rahmat, S. Pd., M. Ed. dan beberapa demisioner pengurus HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM.Susunan kepengurusan terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Umum, Wakil  Sekretaris, Bendahara Umum, Wakil Bendahara, Ketua Bidang dan Staf Bidang, dengan jumlah keseluruhan pengurus yaitu 21 Orang. Untuk membantu mengawasi pelaksanaan organisasi dan membantu pengurus dalam mencapai tujuan organisasi maka didampingi oleh 5 orang Badan Pertimbangan Organisasi dan 2 orang Dosen Pembimbing untuk membantu memperlancar kegiatan HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2023-2024. Terdapat 3 bidang dalam struktur kepengurusan yakni Bidang I Keilmuan dan Pemberdayaan Organisasi, Bidang II Pengembangan Potensi Mahasiswa, dan Bidang III Pengabdian  dan Hubungan Masyarakat.


Ketua Program Studi dan Dosen Pembimbing HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Demisioner Pengurus HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM 2022-2923 atas peran aktifnya dalam membantu program studi mewadahi mahasiswa prodi Pendidikan IPA dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, dan selamat kepada Pengurus HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM 2023-2024 terpilih, semoga kepengurusan periode ini lebih baik dari periode sebelumnya dan terus menjadi wadah bagi mahasiswa prodi Pendidikan IPA dalam menggali potensi akademik maupun non akademiknya, mengingat banyak sekali peluang yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk menyalurkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam menjawab tantangan di masyarakat. Ketua program studi Pendidikan IPA FMIPA UNM juga menyampaikan dalam sambutannya, beliau berpesan kepada pengurus yang baru dilantik agar dapat belajar berorganisasi secara fokus, konsisten, tulus dan ikhlas, serta tidak meninggalkan tujuan utamanya kuliah, mengharapkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan tidak mengganggu kegiatan akademik, karena akademik tetap yang utama, kemudian beliau mengakhiri dengan berpesan “Buktikan bahwa kalian sebagai pengurus bisa sukses diperkuliahan dan juga di organisasi”.Ujar Kaprodi Pendidikan IPA FMIPA UNM.




Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan pengetahuan para pengurus yang baru dilantik, maka kegiatan dilanjutkan dengan Upgrading. Pada tahun ini, kegiatan rutin ini mengangkat tema “Meningkatkan Sinergitas dan Intelektual Kepengurusan guna Membangun HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM yang Bertanggung jawab,inovatif,kreatif dan progresif”. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada hari Senin s.d Rabu (15-17 Januari 2024) di Ruangan IPA 2 Program Studi Pendidikan IPA, dengan peserta seluruh pengurus HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM dan beberapa panitia dari warga prodi Pendidikan IPA. Kegiatan upgrading dibuka dengan kegiatan Pre-Test yang dapat diartikan sebagai kegiatan menguji tingkatan pengetahuan dimana kegiatan pre-test dilakukan sebelum menerima materi dan bertujuan untuk mengetahui pemahaman awal dari pengurus mengenai materi yang akan disampaikan.



Adapun pemateri pada kegiatan upgrading ini yaitu untuk materi pertama tentang Manajemen Keorganisasia dan Kepanitiaan dibawakan oleh kakanda Aswir, S. Pd. Materi kedua yaitu Kepemimpinan yang dibawakan oleh kakanda Muhammad Dzulfikar Assagaf, S. Pd. Materi ketiga yaitu Kebendaharaan dibawakan oleh kakanda Rizki Amaliah Afdal, S.Pd. Kemudian pada hari kedua Materi keempat yaitu tentang Retorika yang dibawakan oleh kakanda Bietnaryen Virgonius Banga, S.Pd. Materi kelima yaitu Advokasi dan Teknik Lobi dibawakan oleh kakanda Naufal Mufadhal Amir. Materi yang keenam yaitu Analisis SWOT yang dibawakan oleh kakanda Muh. Fiqhi Y. H. Abugar, B.Ed. Materi ke tujuh atau materi terakhir yaitu Kesekretariatan yang dibawakan oleh Kakanda Rezwandy Wahyudi Saputra. Upgrading kali ini ditutup dengan kegiatan Evaluasi dengan tujuan untuk mengetahui seberapa baik tingkat penguasaan dari pengurus terhadap materi yang telah diberikan.










Komentar

Postingan Populer