Training Of Trainer (TOT) HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2022-2023

 


Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (HMPS Pendidikan IPA FMIA UNM) Periode 2022-2023 melaksanakan Training of Trainer (TOT) yang merupakan salah satu program kerja dari Bidang I (Keilmuan dan Pemberdayaan Organisasi). Dimana tujuannya yaitu untuk Melahirkan sumber daya manusia sebagai pemateri yang berkualitas dalam lingkup Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM serta menjadi pemateri dalam jenjang pengaderan dan atau kegiatan HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM lainnya.

Adapun tema yang diangkat yaitu ‘’ Melahirkan Pemateri Yang Berkompeten Dan Berwawasan Guna Menunjang Kualitas Dan Intelektualitas Lembaga’’. TOT dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu :

1. Pendaftaran Peserta TOT

Pendaftaran ini dimulai dari tanggal 28 Februari- 2 Maret 2023. Adapun peserta yang mendaftar berjumalahkan 30 peserta. Pendaftaran pada TOT kali ini dilakukan secara online dengan mengisi google form yang telah disediakan.





2. Screening

Pada tahapan screening ini dilaksanakan pada tanggal 3 - 8 Maret 2023. Para peserta diharapkan melakukan screening pada setiap pembimbing dari setiap fraksi yang ada. Adapun pendamping pada kegiatan ini ialah :

  1. Kakanda Bietnaryen Virgonius Banga (Keilmuan)
  2. Kakanda Rizki Amaliah Afdal(Wawasan Kebangsaan)
  3. Kakanda Aisyah Sarif (Kemahasiswaan)
  4. Kakanda Muhammad Dzulfikar Assagaf(Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi)
  5. Kakanda Rini Yunita Rahman(Ketuhanan)



3. Penentuan fraksi

Setelah mengikuti screening selanjutnya hasil screening diumumkan Pada tanggal 8 Maret 2023 dilihat dari hasil screening yang telah dilakukan. Penentuan fraksi ini agar setiap peserta mendalami fraksi mana yang unggul pada diri masing-masing peserta.



 

Sebelum forum TOT dilaksanakan, maka terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan pembuka pada tanggal 17 Maret 2023. Pada kegiatan pembukaan ini dibuka oleh ketua prodi Pendidikan IPA yaitu Ibunda Dr. HJ. Ramlawati.M.Si, Dan dihadiri oleh Dosen Pembimbing HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2022-2023, LK se-FMIPA UNM, para peserta TOT dan warga Prodi Pendidikan IPA.


4.Bimbingan Intens

Pada bimbingan intens ini para peserta fraksi dan pendamping tiap dimensi diarahkan selama 7 hari dimulai pada tanggal 8-16 Maret 2023.Bimbingan intens ini bertujuan untuk mengasah dan mempermantap pemahaman atau pengetahuan peserta dari dimensinya masing masing.Jadi pada tahap ini juga peserta konsul dengan pendamping dimensi nya.



4. Forum

Pada tahapan forum ini dilaksanakan pada tanggal 19-20 Maret 2022 setelah acara pembuka. Seluruh peserta pada tahapan ini menerima materi untuk bekal nantinya. Adapun pembawa materi pada TOT kali ini yaitu:

  1. Kakanda Alfitra Mappunnna (Materi Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi)
  2. Kakanda Amdi yaya (Materi Manajemen Peserta Training)
  3. Kakanda Mulya Dwi Putra,S.Pd(Materi Filsafat Ilmu)
  4. Kakanda Hermawan S.Pd ( Materi Dedaktik Metodik)

6. Evaluasi

Tahap terakhir dari rangkaian TOT yaitu proses evaluasi. Pada tahapan ini peserta di bagi dalam beberapa kelompok lalu melakukan evaluasi dengan menerapkan materi yang telah diperoleh dari tahapan forum dan juga hasil bimbingan dari kakanda-kakanda.

 Dengan adanya kegiatan TOT ini diharapkan mampu mencapai tujuan dari kegiatan ini yaitu mampu melahirkan sumber daya manusia sebagai pemateri yang berkualitas dalam lingkup Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM serta menjadi pemateri dalam jenjang pengaderan dan atau kegiatan HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM lainnya.



Komentar

Postingan Populer