Aspirasi Dapur Kontemporer (ADAPTOR)

 

Hai sahabat IPA!

Minggu 28 Agustus 2022 HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM mengadakan ADAPTOR (Aspirasi Dapur Kontemporer) dengan mengangkat tema "Maraknya Pelecehan Seksual Di Lingkungan Mahasiswa, Siapa Salah?" yang dibawakan oleh kakanda Milnia Dewi (Kohati Syariah dan Hukum) dengan moderator yaitu saudari Nur Hasanah (Staf Bidang 1 HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2021-2022). ADAPTOR kali ini dihadiri oleh kakanda Badan Pertimbangan Organisasi HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2021-2022, pengurus harian HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2021-2022 serta warga Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM.

Materi diawali dengan pertanyaan sederhana dari pemateri "Siapa yang tau apa yang dimaksud dengan pelecehan?". Ada beberapa peserta yang mengemukakan pendapat tentang pelecehan sehingga dapat kita sepakati bahwa pelecehan adalah perilaku menyerang yang tampak bertujuan tidak baik terhadap orang yang menjadi sasarannya, biasanya (tapi tidak selalu) dengan tujuan untuk mengancam atau mengintimidasi target utamanya. Pemateri juga memberikan contoh mengenai pelecehan yaitu memberi tatapan penuh nafsu dan terlihat mencurigakan. Mengucapkan candaan, sebutan, atau kata-kata yang merujuk ke hal-hal seksual.

Adapun hal-hal yang dapat mencegah pelecehan diantaranya yaitu:

1. Hindari obrolan yang berbau porno

2. Jaga jarak terhadap lawan jenis

3. Berani bersikap tegas

Pemateri juga menyatakan bahwa pelecehan dan tindak kekerasan seksual, tidak hanya terjadi pada kaum perempuan, namun juga bisa menyasar ke laki-laki, dan pemicunya juga beragam, bukan hanya soal pakaian dan bentuk fisik. Pelecehan seksual akan ditindak lanjuti apabila ada persetujuan dari korban.

Stop Kekerasan seksual pada perempuan dan masyarakat umum khususnya kepada civitas akademika terutama kepada mahasiswa dan juga  menghindari prilaku menyimpang. Komnas Perempuan memaparkan data bahwa kekerasan seksual di lingkungan pendidikan antara tahun 2015-2021 paling banyak terjadi di perguruan tinggi atau universitas maka dari itu kami mengadakan ADAPTOR sebagai bentuk kesadaran kita mengenai pelecehan seksual dikalangan Universitas.


Sampai ketemu di ADAPTOR berikutnya !!! :)


Komentar

Postingan Populer