HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Kembali Melaksanakan Program Kerja Bakti Sosial yakni Tindakan Aksi Sosial Nyata IPA (TAKSON IPA) 2022

 


HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM kembali mengadakan Tindakan Aksi Sosial Nyata IPA (TAKSON IPA) 2022. Kegiatan bakti sosial kali ini dilaksanakan di Dusun Matteko, Desa Erelembang, Kec. Tombolo Pao, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan. Bakti sosial ini dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 23 Juli 2022. Kegiatan ini mengusung tema “Satukan Langkah Kecil untuk Menebarkan Kepedulian dengan Aksi Nyata Mahasiswa IPA”. Sebagai upaya untuk menanamkan rasa peduli antar satu dengan yang lain sekaligus seribu langkah yang menggambarkan tindakan yang tidak ada hentinya dalam berbuat baik kepada sesama.


Tindakan Aksi Sosial Nyata IPA (TAKSON IPA) kali ini menjadi istimewa karena keramahan warga Dusun Matteko yang membuat seluruh panitia Tindakan Aksi Sosial Nyata IPA (TAKSON IPA) dan  warga Prodi Pendidikan IPA semakin mudah berinteraksi dan berbaur dengan warga setempat sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat terlaksana dengan lancar. Tindakan Aksi Sosial Nyata IPA (TAKSON IPA) ini dimulai dengan pembukaan kegiatan yang dibuka oleh Ketua Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM yaitu Ibunda Dr. Hj. Ramlawati, M.Si. Kegiatan ini membawakan beberapa progam kerja yang mencakup dalam 5 Divisi meliputi, Divisi Pendidikan dalam hal ini pengajaran. Divisi Pendidikan terbagi atas dua kelas yakni kelas sains dan keagamaan. Divisi Pertanian dalam hal ini sosialisasi pupuk. Divisi kesehatan dalam hal ini sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang bekerja sama dengan Kader setempat dan Puskesmas Tamaona. Divisi Lingkungan dalam hal ini perbaikan sekolah dan yang terakhir yaitu Divisi Pagi Ceria dan Sore ceria dalam hal ini lomba-lomba untuk peserta didik dan warga yang ada disana diantaranya ada lomba bakiak, makan kerupuk, tusuk botol, balap karung, kursi joget, tarik tambang dan balap kelereng. Tindakan Aksi Sosial Nyata IPA (TAKSON IPA) juga mengadakan nonton bersama dengan judul film “Serdadu Kumbang”.




Pada malam terakhir yaitu malam ramah tamah sekaligus acara penutup, dimulai dari sambutan-sambutan dilanjutkan dengan penampilan warga Dusun Matteko, penampilan siswa/siswi MI/MTs Muhammadiyah Matteko dan penampilan panitia Tindakan Aksi Sosial Nyata IPA (TAKSON IPA). Acara yang ditunggu-tunggu pada penutupan yaitu pengumuman juara lomba yang telah diadakan oleh Panitia Tindakan Aksi Sosial Nyata IPA (TAKSON IPA). Kegiatan yang diadakan ini dilakukan dengan tujuan menjalin silaturahmi dengan masyarakat luas dan juga merupakan bentuk dari kepedulian warga Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat  bagi masyarakat, yaitu mendapatkan pelayanan melalui berbagai rangkaian kegiatan yang berlangsung. Selain itu, mahasiswa yang terlibat diharapkan mampu mengaplikasikan secara langsung Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat, dimana mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapatkan untuk kepentingan masyarakat, sarana pendidikan dan pelatihan non formal yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan.


Berikut ini link dokumentasi keseruan kegiatan  Takson IPA 2022

https://drive.google.com/drive/folders/1VyXTV4vPubwkua-OpZyeSmxJJ0Iyjdqh





Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer