Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Universitas Negeri Makassar Tahun Akademik 2022/2023

        Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri merupakan seleksi yang dilakukan secara mandiri oleh Universitas Negeri Makassar untuk menjaring calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akdemik dan prestasi dibidang sains, olahraga seni serta Hafidz Qur'an. Pada tahun 2022 seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri melalui dua jalur yakni jalur ujian tulis dan jalur prestasi. Jalur ujian tulis dilakukan dengan menggunakan metode ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dengan materi tes potensi akademik (TPA). Jalur prestasi diperuntukkan bagi yang memiliki prestasi berupa juara internasional dan juara nasional pada bidang sains, olahraga, seni serta Hafidz Qur'an dengan menghafal minimal 15 juz.

Jadwal dan Laman Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan pada tanggal 1 Juni s.d 8 Juli 2022 dilaman http://daftar-pmbm.unm.ac.id

Syarat dan Ketentuan

  1. Lulusan SMA/MA/MAK/Sederajat tahun 2020, 2021, atau lulusan paket C tahun 2020, 2021 berusia maksimal 25 tahun dan memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/MAK/Sederajat lulusan tahun 2022 atau lulusan paket C 2022 berusia maksimal 25 tahun memiliki ijazah/ Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah.
  3. Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Khusus yang memilih program studi keteknikan (semua program studi yang bernaung di bawah Fakultas Teknik), Pendidikan Fisika, Fisika, Pendidikan Kimia, Kimia, Pendidikan Biologi, Biologi, Psikologi, Pendidikan Seni Rupa, peserta tidak buta warna.
  4. Memilih dua program studi yang ditawarkan. Khusus peserta yang memilih program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ke-SD-an, Psikologi, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Seni Tari dan Desain Komunikasi Visual, wajib mengunggah video keterampilan  olahraga atau keterampilan seni.
  5. Khusus bagi peserta yang memilih program jalur prestasi wajib mengunggah dokumen PORTOFOLIO berupa sertifikat dan/atau keterangan yang menjelaskan prestasi. Untuk prestasi bidang Sains, Olahraga, dan/atau Seni berupa sertifikat juara internasional dan/atau juara nasional sedangkan untuk prestasi Hafidz berlaku ketentuan telah menghafal Al-Qur’an minimal 15 Juz yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan sekolah/madrasah/pesantren/pondok atau lembaga lain yang relevan.

Biaya Pendaftaran

  1. Biaya pendaftaran sebesar Rp.300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) untuk jalur Ujian Tulis/Tes, dan Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah) untuk jalur Prestasi
  2. Biaya pendaftaran dibayarkan di Bank Negara Indonesia (BNI)

Ujian dan Pelaksanaan

  1. Bagi peserta yang memilih jalur Ujian Tulis. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dilaksanakan pada tanggal 12 s.d. 13 Juli 2022.
  2. Bagi peserta yang memilih jalur prestasi. Verifikasi PORTOFOLIO prestasi dan/hafalan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2022.

Pengumuman peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada tanggal 19 Juli 2022 melalui laman http://pengumuman.unm.ac.id/ dan pembayaran UKT dan pendaftaran ulang bagi yang lulus pada 20 s.d. 29 Juli 2022.

Pembayaran UKT dilakukan melalui BNI serta Registrasi Nomor Induk Mahasiswa dilakukan melalui laman http://registrasi.unm.ac.id/mabaunm

Komentar

Postingan Populer