Training Of Trainer (TOT) Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM


Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (HMPS Pendidikan IPA FMIA UNM) Periode 2021-2022 melaksanakan Training of Trainer (TOT) yang merupakan salah satu program kerja dari Bidang I (Keilmuan dan Pemberdayaan Organisasi). Dimana tujuannya yaitu untuk Melahirkan sumber daya manusia sebagai pemateri yang berkualitas dalam lingkup Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM serta menjadi pemateri dalam jenjang pengaderan dan atau kegiatan HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM lainnya

Adapun tema yang diangkat yaitu ‘’Melahirkan Pemateri yang Berkompeten Demi Terciptanya Kader yang Berkualitas’’. TOT dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu :

1. Pendaftaran Peserta TOT

Pendaftaran ini dimulai dari tanggal 10 -12 Maret 2022. Adapun peserta yang mendaftar berjumalahkan 28 peserta. Pendaftaran pada TOT kali ini dilakukan secara online dengan mengisi google form yang telah disediakan.

2. Screening

Pada tahapan screening ini dilaksanakan pada tanggal 13 -16 Maret 2022. Para peserta diharapkan melakukan screening pada setiap pembimbing dari setiap fraksi yang ada. Adapun pendamping pada kegiatan ini ialah :

  1. Kakanda Nasaruddin, S.Pd (Keilmuan)
  2. Kakanda Asti Ayudia Pratiwi (Wawasan Kebangsaan)
  3. Kakanda Rijal (Kemahasiswaan)
  4. Kakanda Muhammad Yusuf (Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi)
  5. Kakanda Muhammad Muammar Saiful (Ketuhanan)


3. Penentuan fraksi

Setelah mengikuti screening selanjutnya hasil screening diumumkan Pada tanggal 17-18 Maret 2022 dilihat dari hasil screening yang telah dilakukan. Penentuan fraksi ini agar setiap peserta mendalami fraksi mana yang unggul pada diri masing-masing peserta.



Sebelum forum TOT dilaksanakan, maka terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan pembuka pada tanggal 19 maret 2022. Pada kegiatan pembukaan ini dibuka oleh ketua prodi Pendidikan IPA yaitu Ibunda Dr. HJ. Ramlawati.M.Si, Dan dihadiri oleh Dosen Pembimbing HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2021-2022, LK se-FMIPA UNM, para peserta TOT dan warga Prodi Pendidikan IPA.



4. Forum

Pada tahapan forum ini dilaksanakan pada tanggal 19-20 Maret 2022 setelah acara pembuka. Seluruh peserta pada tahapan ini menerima materi untuk bekal nantinya. Adapun pembawa materi pada TOT kali ini yaitu:

  1. Kakanda Teguh Putra Gusal, B.Ed (Materi Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi)
  2. Kakanda Muh. Fiqhi Y. H. Abugar, B.Ed (Materi Manajemen Peserta Training)
  3. Kakanda Ahmad Yani Dzu Himmah S.S., M.Pd (Materi Filsafat Ilmu)
  4. Kakanda Hermawan S.Pd ( Materi Dedaktik Metodik)


5. Bimbingan intens

Pada bimbingan intens setiap peserta melakukan bimbingan ke pada pendamping dengan fraksinya masing-masing agar mendapatkan ilmu tambahan dan juga mendapat arahan dari pembimbing.

6. Evaluasi

Tahap terakhir dari rangkaian TOT yaitu proses evaluasi. Pada tahapan ini peserta di bagi dalam beberapa kelompok lalu melakukan evaluasi dengan menerapkan materi yang telah diperoleh dari tahapan forum dan juga hasil bimbingan dari kakanda-kakanda.




Dengan adanya kegiatan TOT ini diharapkan mampu mencapai tujuan dari kegiatan ini yaitu mampu melahirkan sumber daya manusia sebagai pemateri yang berkualitas dalam lingkup Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM serta menjadi pemateri dalam jenjang pengaderan dan atau kegiatan HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM lainnya.

Tetap semangat

Komentar

Postingan Populer