TAKSON IPA (Tindakan Aksi Sosial Nyata IPA)


HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan TAKSON (Tindakan Aksi Sosial Nyata IPA) di Dusun Masale, Desa Tompubulu, Kec. Tompobulu Kab. Maros, Sulawesi Selatan.

Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) Menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dengan mengangkat tema “ Tebarkan kepedulian ciptakan kebersamaan “. Kegiatan ini bertempat di sekolah MTS Darul Barokah  kegiatan dilaksanakan selama 7 hari yang dimulai dari tanggal 27 juli  – 2 Agustus 2021 di Desa Tompobulu, Kec. Tompobulu, Kab. Maros Sulawesi Selatan. Yang di Ketuai oleh kakanda  Muh. Febryan Gusti P.  Mengatakan bahwa  tujuan utama dari kegiatan ini tidak lain untuk memperbaiki sekolah, pengabdian pertama serta menjalin silaturahmi kepada warga atau masyarakat setempat. Kegiatan bakti sosial yang merupakan salah satu Proker besar  dari bidang 3 yaitu “pengabdian dan hubungan masyarakat”.

Pada hari pertama yaitu pada tanggal 27 juli diadakan pembukaan secara daring atau via google meet yang dimana pembukaan TAKSON  IPA ini dihadiri oleh beberapa perwakilan LK FMIPA UNM dan dibuka oleh Ketua Prodi Pendidikan IPA. Pada hari kedua diadakan kerja bakti kemudian dilakukan observasi lokasi, persiapan penyambutan dan sosialisasi, juga dilakukan perbaikan sekolah yaitu pemerataan tanah.

 Kemudian pada hari ketiga sama halnya dengan hari kedua juga dilakukan kerja bakti, selanjutnya dilaksanakan pembelajaran edukasi reliji dan pembelajaran matematika kepada siswa, setelah itu dilanjutkan perbaikan sekolah. Pada hari keempat seperti biasa tetap dilakukan kerja bakti dilanjutkan dengan pembelajaran materi Kimia dan perbaikan sekolah serta pembuatan sudut baca. Pada hari keempat ini, diadakan lomba hafal huruf hijaiyah dan melakukan kegiatan observasi kerumah warga setempat untuk diadakannya cek kesehatan esok harinya. Pada hari kelima dilakukan pemberian materi Biologi dan melajutkan perbaikan sekolah, setelah itu dilakukan cek kesehatan kepada warga setempat dan warga prodi Pendidikan IPA, panitia dan pengurus. Kemudian dilanjutkan dengan melatih siswa-siswi yang akan tampil pada malam ramatama disisi lain juga dilakukan observasi kerumah warga untuk mengundang hadir  dikegiatan nonton bareng pada malam harinya. Pada hari keenam seperti pada hari sebelumnya juga dilakukan observasi kerumah warga untuk mengundang warga setempat agar turut langsung ke malam ramatama kemudian diadakan lomba-lomba Tradisional setelah itu dilanjutkan kembali perbaikan sekolah yang belum terselesaikan. Nah pada hari keenam ini merupakan malam puncak yaitu diadakan acara ramatama. Pada hari ketujuh senin 2 Agustus 2021 dilaksanakan kerja bakti dan berbenah posko serta berpamitan kepada warga setempat.   

Respon yang kami dapatkan dari warga Desa Tompobulu, Kec. Tompobulu, Kab. Maros Sulawesi Selatan sangat baik karena kegiatan sosial ini dapat membantu warga setempat dalam hal pendidikan, kesehatan, dan bahkan menjalin kebersamaan antara penduduk dan mahasiswa.

Ketua panitia berharap agar melalui kegiatan ini hubungan dengan masyarakat bisa lebih dekat serta dapat menjadi pengalaman bagi mahasiswa khususnya HMPS Pendidikan IPA.


Komentar

Postingan Populer