PKTI ( Pelatihan Karya Tulis Ilmiah)


Pada bulan Oktober tepatnya tanggal 16-17 Oktober 2021 telah berlangsung Program Kerja dari Bidang II HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM yaitu PKTI ( Pelatihan Karya Tulis Ilmiah). Program kerja PKTI ini merupakan program kerja yang mewadahi mahasiswa prodi Pendidikan IPA terkhusus Angkatan 2021 untuk supaya memiliki bekal nantinya dalam mengikuti PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa). Program Kerja PKTI (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah) dibuka oleh Ibunda Hj. Ramlawati, M.Si melalui zoom meeting dengan jumlah peserta mencapai 150 orang.

Sebagai mahasiswa, tentunya dituntut untuk mampu berfikir kreatif, selalu memiliki ide-ide yang cemerlang serta mengembangkan ilmu dan teknologi yang ada. Pada dasarnya mahasiswa tentunya mempunyai segudang ide untuk diungkapkan. Salah satunya bersumber dari permasalahan yang ada disekitarnya, namun mahasiswa kurang memahami dan akhirnya belum dapat menuangkan idenya kedalam karya tulis Ilmiah yang layak untuk dipublikasikan dan dikomsumsi masyarakat. Program kerja ini hadir sebagai wadah untuk mahasiswa dalam mengembangkan ide-idenya dan dituangkan kedalam karya tulis ilmiah terkhusus untuk PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang siap untuk didedikasikan kepada masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu pada hari pertama telah dilakukan pemberian materi. Pada materi pertama disampaikan oleh  Dosen Pembimbing HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM yaitu Ayahanda Arie Arma Arsyad S.Pd, M.Pd. Materi kedua diberikan oleh Ayahanda Aqil Rusli, S.Pd, M.Pd, materi ke 4 dan 5 secara berturut dibawakan oleh Kakanda Uswatun Nisa  dan Muhammad Lutfhi. Adapun pada hari kedua seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan pada setiap kelompok membuat minimal 1 judul beserta latar belakang yang akan dipresentasikan pada hari kedua.

PKTI (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah) memiliki beberapa tujuan yaitu

  • Meningkatkan wawasan pengetahuan tentang menulis ilmiah yang baik dan benar dalam bidang PKM.
  • Mengembangkan minat dan bakat dalam bidang penulisan PKM.
  • Memotivasi mahasiswa untuk mempelajari penulisan ilmiah secara utuh dan menyeluruh khususnya dalam bidang PKM.
  • Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan yang dapat menunjang penulisan PKM.

Komentar

Postingan Populer