Training Of Trainer 2021



TRAINING OF TRAINER




Training of trainer (TOT) merupakan sebuah program kerja berbasis pelatihan soft skill yang nantinya akan melahirkan individu dengan basic trainer yang diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya dalam sebuah organisasi. Selain itu, program kerja ini juga bertujuan untuk melatih kecakapan peserta layaknya sebagai seorang fasilitator yang memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni sehingga dapat memberikan kontribusi didalam maupun diluar Prodi Pendidikan IPA. TOT dilaksanakan dikarenakan masih kurangnya sumber daya manusia yang mampu menjadi pemateri dan fasilitator dalam proses pengkaderan, baik formal maupun nonformal untuk regenerasi HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2020-2021.


Program kerja Training of trainer (TOT) diikuti oleh beberapa angkatan mulai dari Angkatan 2017,2018, hingga Angkatan 2019. Pada kegiatan training of trainer ini dilakukan beberapa tahapan dimulai dari tahapan screening pada tanggal 1-4 Maret 2021. Peserta Training of trainer wajib mengikuti screening sebagai syarat untuk mengikuti forum Training of trainer yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 Maret 2021 yang bertempat di Pondok Surabaya, Tanjung Bayang, Makassar. Pembukaan forum Training of trainer ini dilaksanakan di lokasi forum dan dibuka oleh kakanda Steering Committee.





Setelah kegiatan pembukaan dilakukan, selanjutnya pemberian materi kepada seluruh peserta Training of Trainer. Dalam kegiatan ini terdapat 4 materi yaitu Didaktik Metodik; Manajemen Peserta Training; Pedagogik, Andragogik, dan Heptagogik; dan Filsafat Ilmu Pengetahuan. Pada 12 maret 2021 dilaksanakan pemberian materi pertama yaitu Didaktif Metodik dibawakan oleh kakanda Wardiman, B.Ed. Pada materi ini membahas tentang gaya Pendidikan untuk berhubungan dengan peserta didik. Mulai dari mengenal peserta didik hingga menentukan metode pengajaran yang sesuai bagi peserta didik.


Materi kedua yaitu Manajemen Peserta Training dilaksanaakan keesokan harinya yaitu pada tanggal 13 Maret 2021 yang dibawakan oleh kakanda Nursuci Arfiany, S.Pd. Materi ini membahas tentang tata cara pemateri mengatur peserta saat memberi materi. Kemudian setelah materi selesai dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) yaitu pengaplikasian materi yang telah didapatkan dari materi sebelumnya. Pada FGD pertama ada 2 peserta training yang mendapat kesempatan yaitu Muhammad Rifai Alimuddin (2018) dari dimensi Kepemimpinan, dan Paramita Indra Saputri (2017) dari dimensi Ketuhanan.

 

Materi ketiga yaitu Pedagogik, Andragogik, dan Heptagogik dilaksanakan pada malam harinya oleh kakanda Teguh Putra Gusal, S.Pd. Materi ini bembahas tentang perbedaan metode untuk pemberian materi pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Setelah pemberian materi ketiga langsung dilanjutkan dengan materi keempat yaitu Filsafat Ilmu Pengetahuan oleh Kakanda Supriadi, S.Pd. Membahas tentang Filsafat dan Ilmu Pengetahuan sangat penting bagi kelima dimensi untuk mengetahui dasar Ilmu Pengetahuan yang menjadi dasar dari kelima dimensi tersebut.


Kegiatan terakhir yaitu evaluasi para peserta, pada hari itu telah dievaluasi 4 peserta yaitu Muhammad Akram (2018), Muhammad Yushan (2017), Asti Ayudia Pratiwi (2018), dan Rezwandy Wahyudi Saputra (2019). Namun, karena terkandala oleh waktu dan tempat, maka evaluasi peserta tidak dapat diselesaikan pada hari itu. Kemudian evaluasi peserta dapat dilaksanakan di area kampus Prodi Pedidikan IPA  FMIPA UNM. Penutupan forum Training of Trainer dilaksanakan di lokasi dan ditutup oleh kakanda Sterring Committee dengan menyampaikan harapan kepada para peserta agar dapat menjadi fasilitator dan pemateri yang baik dan terus berkembang kedepannya juga dapat memberi manfaat untuk HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM dan Program Studi Pendidikan IPA.


Komentar

Postingan Populer