HMPS PENDIDIKAN IPA FMIPA UNM BERBAGI

 





COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019.  Hingga saat ini korban COVID-19 semakin meningkat di Indonesia, khusunya daerah Sulawesi Selatan. Berbagai kebijakanpun telah dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 mulai dari PSSB skala besar dan juga berbagai macam upaya pencegahan yang sejatinya harus dilakukan mulai dari diri kita sendiri seperti halnya memakai masker, physical distancing serta  social distancing.

Melihat kondisi di atas, masih ada beberapa masyarakat yang tidak mematuhi peraturan ataupun kebijakan yang dilakukan pemerintah setempat, banyak masyarakat yang terkena dampak dari COVID-19 mulai dari pengusaha hingga pedagang-pedagang kecil yang terpaksa harus kehilangan pekerjaanya. Oleh karena itu, HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM berinisiatif untuk membuka donasi kepada pihak yang ingin menyisihkan sedikit rezekinya kepada beberapa wilayah yang sangat terdampak dengan adanya COVID-19. Pada hari Minggu, 28 Juni 2020 Pukul 10.00 WITA seluruh persiapan dan donasi yang telah terkumpul telah siap disalurkan, sasaran utama kami adalah wilayah TPA Antang (Borong Jambu) Kelurahan Tanggamapa Raya 5, Kecamatan Manggala Kota Makassar.

       Setelah menemui beberapa petugas yang ada di TPA tersebut, kami medapatKan izin untuk turun langsung memberikan bantuan berupa masker dan hand sanitizer kepada beberapa masyarakat yang ada di sekitar lokasi tersebut.  Kondisi disana boleh dikatakan sangat memprihatinkan. Mengapa tidak, masayarakat yang kami jumpai dominan tidak memakai masker baik saat bekerja (memulung) ataupun sedang berada disekitar rumah mereka sendiri, serta banyak dari masyarakat setempat yang tidak menjaga jarak atau physical distancing. Artinya banyak dari mereka yang tidak memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Sekiranya lebih dari 100 Masker dan Hand sanitizer telah kami bagikan kepada masyarakat di sekitaran wilayah tersebut. Dan teruntuk kepada para donatur yang telah turut serta dalam membantu jalannya kegiatan ini, kami ucapkan banyak banyak terima kasih sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan apa yang telah disumbangkan insyaaAllah berguna bagi masyarakat yang ada disekitar TPA tersebut.


Komentar

Postingan Populer