Bekerja Sama Dengan Lembaga Kemanusiaan BSMI, HMPS Pendidikan IPA Salurkan Donasi untuk Korban Banjir Masamba


Musibah banjir bandang yang melanda Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, menjadi duka bagi seluruh penduduk Indonesia. Tidak terkecuali HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM , yang bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI).

Bantuan berupa uang tunai, pakain layak pakai dan keperluan mendesak lainnya diserahkan langsung melalui salah satu relawan BSMI, Kakanda Muh. Fiqy pada Senin (26/7). Ketua Bidang 3 Bidang Pengabdian dan Hubungan Masyarakat, Muh Amar mengatakan, dengan bantuan donasi ini dapat meringankan beban para korban banjir bandang, beliau juga menjelaskan mengapa HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM bekerja sama dengan BSMI.

"Sebenarnya, kami sangat ingin turun langsung dalam menyalurkan donasi yang telah berhasil kami kumpulkan. Namun, seperti yang kita tahu bahwasanya kita masih berada di tengah pandemi, COVID- 19 ini yang membuat pengurus Harian HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM kesusahan untuk turun langsung ke wilayah yang sedang terkena musibah. Terdapat beberapa sebab kenapa kami tidak bisa turun langsung, yakni banyak rekan- rekan pengurus harian HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM yang berada di kampung masing- masing, serta tidak mempunyai surat untuk izin keluar daerah. Bagi kami, bekerja sama dengan lembaga lain pula bisa membuat HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM memiliki relasi yang luas kedepannya." ucapnya.

Ketua Umum HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM, Muh Rifai, yang turut hadir pada penyerahan donasi, juga memberikan tanggapan mengapa HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM bekerja sama dengan BSMI.

"Kami bekerja sama dengan BSMI agar donasi yang disalurkan bisa tersalurkan dengan baik, serta sulitnya akses ke lokasi juga merupakan salah satu sebab kami bekerjasama dengan BSMI" jelasnya.

“Mudah - mudahan saudara yang terkena musibah ini, dapat diberi ketabahan dan kekuatan atas cobaan yang diberikan, serta mudah- mudahan keadaan disana lekas membaik” tambahnya.

Penyerahan donasi untuk korban banjir masamba akan disalurkan secara langsung oleh BSMI, Salah satu Relawan BSMI, Kakanda Muh Fiqy mengatakan, Pendistribusian bantuan untuk korban banjr bandang di masamba dilakukan secara bertahap.

“BSMI melakukan distribusi bantuan kepada korban bencana di Masamba secara bertahap. Bantuan gelombang pertama telah berangkat pada hari Kamis (23/7). Sedangkan Gelombang kedua baru saja berangkat pada hari Senin (27/7). Untuk gelombang selanjutnya akan dijadwalkan kemudian. Selain HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM, BSMI Bekerja sama dengan 10 Lembaga/Komunitas lainnya di Area Kota Makassar” ucapnya.

“Dengan tersalurkannya donasi ini, diharapkan agar penyintas di lokasi bencana mendapatkan bantuan yang memadai untuk menjamin kebutuhan hidup mereka, terutama selama Masa Tanggap Darurat. Selain itu untuk menjaga silaturrahim kita sesama saudara sebangsa yang sedang dilanda Ujian berupa bencana Alam” tambahnya.

HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM mengucapkan banyak terimakasih untuk para donatur, dan semua pihak atas partisipasi dan donasinya untuk bantuan kemanusiaan korban banjir Masamba. Semoga Allah SWT memberikan balasan atas amal ibadah Anda semua dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Aamiin.

Penulis : Rezwandy Wahyudi Saputra

Reporter : Ummu Athiyyah

Komentar

Postingan Populer