Selamat Hari Lahir Pancasila

Kami selaku anggota kepengurusan HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2019-2020 Mengucapkan:


Pancasila
 lahir pada tanggal 1 Juni 1945 oleh para pendiri bangsa, menjadi ideologi dan pedoman bangsa Indonesia yang digali dari nilai-nilai luhur bangsa. Pancasila sebagai sumber hukum dari segala hukum yang ada di Indonesia yang diatur dalam pembukaan UUD 1945. Pancasila adalah suatu kesatuan nilai yang tidak dapat dipisahkan antara masing-masing silanya dan tidak dapat diputarbalikkan susunannya walau dalam setiap sila mengandung nilai-nilai yang berbeda antara satu dengan lainnya, itu merupakan kesatuan yang sistematis. Kandungan nilai Pancasila adalah 1. Ketuhanan yang maha Esa. 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Persatuan Indonesia. 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) harus tahu, paham dan sadar bahwa kita hidup dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang memiliki peran dan tanggung jawab (Hak dan Kewajiban). Masih banyak masyarakat Indonesia yang abai terhadap Pancasila disebabkan banyak hal, derasnya arus globalisasi di zaman modern ini, sehingga anak bangsa bebas dan mudah mengakses informasi yang mereka suka dari internet tanpa sekat ruang dan waktu serta batas negara.

Di sini dibutuhkan peran besar dari orangtua untuk mengawasi putra/i nya, orangtua jangan abai terhadap tugas dan tanggung jawab dalam mendidik, membimbing, mengawasi anak-anak mereka. Tanpa pengawasan yang ketat, utama bagi anak-anak yang belum memiliki kestabilan berpikir mudah dibawa arus globalisasi yang akhirnya menjadi korban kriminalitas ataupun melakukan tindakan diluar kepantasan seperti ujaran kebencian di media sosial/ruang publik dengan alasan adanya kebebasan berpendapat di era demokrasi. Bila hal seperti ini terus terjadi maka akan menyulitkan lingkup sosial berbangsa dan orangtua yang akhirnya menanggung beban karena lingkungan menjadi gaduh/ricuh, dikhawatirkan melebar ke hal lain yang lebih luas dan merugikan. 

Dalam situasi serangan wabah virus covid-19 saat ini, yang tidak pernah diduga kemunculannya dan menakutkan, membuat kehidupan berbangsa menjadi sulit. Bagaimana tidak, virus ini menyerang siapa saja dan sangat mudah penularannya serta belum ditemukan vaksin sebagai penawar virus. Situasi ini berdampak pada keadaan negara menjadi tidak normal, masyarakat cemas serta khawatir terkena virus, bukan semata tertular covid-19 tetapi juga dampak ekonomi yang tidak dapat dihindari. 

Komentar

Postingan Populer