Kilas Balik Kepengurusan HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2015-2016



Narasumber: Andri S Utama Putra S. Pd, M. Pd
            Andri S Utama putra merupakan Ketua Umum HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2015- 2016 dan merupakan ketua umum yang kedua HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM yang berasal dari Pinrang Sulawesi Selatan.
            Pada periode dari kakanda Andry, dimana himpunan masih berusia 2 tahun dan merupakan Ketua umum yang kedua pada saat telah terbentuknya himpunan. Banyak hal yang menjadi titik berat atau kefokusan pada periode ini, yaitu secretariat. Dimana pada awal mulanya terbentuknya himpunan sampai periode kedua belum ada yang namanya secretariat sehingga menjadi keresahan utama begi periode ini. Karena tidak ada tempat tetap untuk berdiskusi, rapat dan sebagainya terkait kapasitas khusus untuk kesekretariatan. Karena pada saat itu, himpunan bisa dikatakan baru tebentuk selain statistika sehingga masalah kesekretariatan merupakan hal yang selalu diperbincangkan. Kakanda Andry mengatakan “kami berusaha untuk mengadakan kesekretariatan”. Dan sudah ada janji dari birokrasi mengenai secretariat, tapi itu hanyalah janji belaka yang diberikan, dan periode berikutnya sudah ada secretariat.
            Kefokusan yang kedua adalah menghasilkan program kerja yang bisa mengangkat nama baik Prodi IPA FMIPA UNM sehingga Prodi Pendidikan IPA ini bukan hanya dikenal diwilayah Makassar tetapi meluas yaitu di Sulawesi Selatan dan bahkan hampir dikenal di semua daerah, mengapa? Karena Pendidikan IPA di Universitas Negri Makassar merupakan Pendidikan IPA pertama di Indonesia timur yang mana tentunya akan menjadi evaluasi dasar nantinya dalam proses terutama dalam perekrutan CPNS. “sebenarnya hanya 2 titik focus yang dilakukan pada periode kami selebihnya itu proses peningkatan dari periode sebelumnya oleh kakanda Ahmad Zulkifli Hasan” dan bukan hanya itu saja tetapi juga melakukan perbaikan-perbaikan kecil dalam internal dari segi landasan organisasi dan lainnya hanya dipermantap saja di priode ini.
            Pada periode kakanda Andry terdapat 3 bidang yang membawahi atau mewadahi program-program kerja yang ada. Dimana pada priode ini merupakan program kerja terbanyak yang pernah diadakan di HMPS Pendidkan IPA FMIPA UNM dan hampir semua program kerja bisa dikatakan berhasil. Adapun struktur pada periode 2015-2016 yaitu, Ketua Umum kakanda Andry Putra Utama terdapat pula Sekretaris Umum kakanda Besse Nurul Hikmah dan Wakil Sekretaris Dwi Siti Hartina Ambrawati, selain itu terdapat Bendahara Umum Andi Fitriani dan Wakil Bendahara Nurkunaini. Kemudian terdapat bidang 1, bidang 2, dan bidang 3. Dimana, ketua bidang 1 yaitu kakanda Ardi, ketua bidang 2 kakanda Hajar Hermawan Saputra Ranreng, dan ketua bidang 3 yaitu kakanda Supriadi.
            Diperiode 2015-2016 semua program kerja terlaksana dan masing- masing bidang punya program kerja unggulan. Pada bidang 1 program unggulannya yaitu SINTESIS, dimana SINTESIS ini adalah kegiatan kaderisasi bagi mahasiswa baru. Kemudian pada bidang 2 lebih mengarah bagaimana mahasiswa untuk mengasah potensi minat dan bakatnya yaitu dengan program kerja bernama SERAGAM, dan terakhir bidang 3 terkait dengan hubungan masyarakat, jadi program kerja pada bidang inllah yang dikaitkan dengan perluasan dan khususnya Program Studi Pendidikan IPA itu sendiri dikenalkan melalui RAINBOW, dan ISC (Integrated Science Competitiion). Pada periode inilah awal mula terbentuknya ISC dengan tujuan memperkenalkan Prodi Pendidikan IPA pada daerah. ISC itu sendiri merupakan sebuah ajang kompetisi yang didalamnya terdapat beberapa lomba yang dikhususkan pada tingkat SD dan SMP karena backround dari Pendidikan IPA adalhmengajar pada tingkat SD dan SMP.
Pada setiap periode itu berbeda cerita, pastinya setiap periode mempunyai hasil tersendiri, dimana tujuannya setiap periode mempunyai perkembangan, tidak terlepas dari periode2015-2016, tentu saja ada sisi perkembangan ataupun tekait proses pelakssanaan rapat, diskusi dan lain-lain sebagainya tetap menggunakan microteaching jika itu memang diperbolehkan dan kosong, dan paling sering itu rapat di lapangan samping prodi. Dan hal itu menjadi cerita tersendiri bagi periode ini hampir mungkin 40% dari total kami komunikasi, rapat dan lain sebagainya menggunakan ruangan terbuka terkhusus pada parkiran. Kakanda Andry menegaskan bahwa “intinya bahwa setiap apa yang dilaksanakan selalu ada pembicaraan tekait tempat dan lain sebagainya, saya dan pengurus saya tetap merasa nyaman “. Dan apa yang dibicarakan tetap terlaksana.
Pesan dari kakanda Andry untuk periode selanjutya “himpunan merupakan wadah dimana kita belajar, himpunan adalah tempat bagi rumah kedua yang mana itu dapat  menjadikan kita punya karakter, jadi setiap periode, setiap kepungurusan punya cerita tersendiri bagaimanapun dinamika yang ada didalamnya akan kalian lalui, jadi nikmati, berproseslah  dan yang paling penting tetap menjaga nama baik himpunan sehingga kiranya nanti kalian sudah lepas dari himpunan atau sudah sukses dimanapun, kalian akan masih tetap mengingat HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM.”

Komentar

  1. Mantap Mimin. Semoga bisa ada gebrakan2 yg lebih keren lagi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer