Kilas Balik Kepengurusan HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2014-2015



Narasumber: Achmad Zulkifli Hasan, S. Pd 
Kepengurusan periode 2014-2015 merupakan kepengurusan pertama di Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM. Dimana, pada periode ini Ketua Umumnya yaitu Kakanda Achmad Zulkifli Hasan. Kakanda Zul merupakan Ketua Umum pertama HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM yang berasal dari Soppeng, lahir di kendari pada tanggal 8 Juni 1994. Dengan mottonya " Yakinkan dengan Iman, usahakan dengan ilmu, sampaikan dengan amal".

Sebagai seorang Ketua Umum, tentu mempunyai sebuah target dan harapan untuk bagaimana himpunan lebih baik kedepannya. Adapun target awal dan harapan dari kakanda Zul sebagai Ketua Umum pertama HMPS Pendidikan IPA UNM yaitu menanamkan kepada warga Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM bahwa Himpunan sebagai wadah untuk berkumpul, berognisasi dan membentuk kekeluargaan dilingkup Program studi Pendidikan IPA FMIPA UNM. Dan memberikan pandangan kepada seluruh warga program studi pendidikan IPA bahwa berhimpunan itu menyenangkan dan dapat membentuk romantisme yang indah satu sama lain.
Dalam menghimpun sebuah organisasi tentu kita tidak akan bisa melakukannya sendiri. Jika ada ketua umum, maka pasti ada sekretaris umum dan bendahara umum. Ya, kakanda Achmad Zulkifli Hasan ditemani oleh kakanda Fadila Nila Sari sebagai Sekretais umum dan kakanda Rismayani sebagai wakil sekretaris. Kemudian kakanda Mutmainnah sebagại Bendahara umum dan kakanda Dian Pita Putri Sari sebagai wakil bendahara.
Semenjak itu berjalanlah kegiatan himpunan sebagaimana mestinya. Adapun program kerja yang di lakasanakan pada periode ini yaitu Bidang satu dengan ketua bidangnya kakanda Muhammad Akbar Adnan memiliki 3 program kerja yaitu LKMM (Latihan Keterampilan Menejemen Mahasiswa), Up grading, dan Kajian kontemporer. Bidang dua dengan ketua bidangnya kakanda Hernaningsih Putrianti memiliki 3 program kerja yaitu Seragam IPA, Seminar Kewirausahaan dan PKTI (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah). Dan yang terakhir yaitu bidang tiga dengan ketua bidangnya kakanda Rukmalasari memiliki 3 program kerja yaitu Eksperia (Ekspresi Ramadhan Ceria), Seminar Guru dan SAINS (sekarang kita kenal dengan nama ISC "Integrated Sceince Competition") Dari semua program kerja itu, program kerja yang belum bisa berjalan adalah SAINS kata kakanda Zul “Kegiatan ini masih dapat belum bisa dilaksanakan karena kurangnya massa di Prodi Pendidikan IPA pada saat itu”
Sekreatriat, setiap himpunan pasti ingin memiliki sebuah rumah atau secretariat yang bisa menjadi tempat berkumpul untuk sesama pengurus maupun warga serta menyimpan barang barang inventaris lembaga. Tetapi Sebagai himpunan baru, saat itu HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM belum mempunyai sekretariat yang menjadi tempat atau rumah HMPS pendidikan IPA FMIPA UNM sehingga kegiatan-kegiatan himpunan seperti rapat pengurus diadakan di taman MIPA atau di gazebo FMIPA UNM. Selain itu, sebagian inventaris lembaga di simpan di rumah kost sekretaris umum.
Waktu berlalu begitu cepat, hingga penerimaan mahasiswa baru angkatan 2014, Pada masa ini beberapa pengurus himpunan dikeluarkan dari kepengurusan HMPS Pendidikan IPA den digantikan dari angktan 2013 yaitu kakanda Andry S. Utama Putra, kakanda Supriadi, kakanda Ardi dan kakanda Wawan saputra Ranreng. Ini sebagai regenerasi untuk melanjutkan kepengurusan selanjutnya.
Tak terasa I periode kepengurusan pun berakhir maka dari ini dilaksanakanlah MUMAS 2 untuk memberhentikan jabatan kepengurusan yang lama dan menetapkan kepengurusan yang baru. Namun saat MUMAS 2 berjalan peserta forum dari pengurus BEM FMIPA UNM pada saat itu, mengatakan bahwa MUMAS 2 yang sedang berjalan ini adalah MUMAS 1 sementara MUMAS 1 kemarin adalah Lokakarya. Hal ini karena sebelum ada MUMAS harusnya ada Lokakarya dan MUMAS sendiri dilaksanakan untuk forum laporan pertangung jawaban Selama 1 periode kepengurusan sementara MUMAS 1 yang dilakukan sebelumnya hanya membahas pedoman organisasi. Sehingga tidakbisa dikatakan sebagai MUMAS namun Lokakarya. Sehingga di tetapkan lah pada hari itu adalah forum MUMAS 1 bukan MUMAS 2.
Dalam menjalankan sebuah organisasi tentu banyak lika likunya. Banyak dinamika yang dilewati. Kakanda Zul sendiri mengatakan " dinamika tentu ada dalam setiap perjalanan kepengurusan, apalagi kami kan pengurus baru, masih banyak yang perlu dipelajari, masih harus belajar menjadi panitia, jadi harus betul-betul ekstra dalam menghadapi masalah yang ada dalam himpunan baik internal Maupun eksternal, namun tetap menyenangkan"

Komentar

Postingan Populer